Tentang Saya

Tentang Saya
Mawan di tengah-tengah peserta diklat LDK.

Halo. Saya Mawan.

Saya mengenal pembuatan website sejak tahun 95-an. Zamannya Telkomnet Instan yang kecepatannya cuma 56 Kbps. Sekarang telah berbeda jauh. Internet ngacir puluhan bahkan ratusan kali lipat lebih cepat. Biaya web hosting pun makin murah.

Ada beberapa website yang saya kelola. Beberapa yang aktif adalah:

  1. Mawan.NET. Blog ini dikhususkan untuk hal-hal mengenai Teknologi Komputer dan Informatika. Menggunakan CMS Wordpress pada sebuah VPS dengan biaya sangat murah yaitu  USD 22.89/tahun (sekitar Rp 357.000/tahun).
  2. Mawan.ID. Blog ini dikhususkan untuk hal-hal yang bersifat sosial, di luar komputer. Menggunakan CMS Ghost, karena saya "bosan" dengan Wordpress yang makin ke sini makin kaya fitur tapi justru membuatnya makin "kusut". Jangan dianggap remeh. Ghost CMS dipakai oleh: Apple, Cloudflare, DuckDuckGo, Mozilla, Speedtest, dan Square Inc.
    Karena Ghost membutuhkan MySQL versi 8, maka saya harus menyewa VPS dengan spec lumayan tinggi yaitu RAM sebesar 8 GB. Biaya perbulan adalah EUR 5.99 atau kurang lebih Rp 94.000.
    Mayoritas artikel pada Mawan.ID juga bisa dibaca di Facebook Page.

Selain dua website di atas, saya juga aktif mengelola LMS Moodle untuk beberapa sekolah. Sampai tulisan ini dibuat (5 November 2022) saya mengelola LMS untuk 5 sekolah, 1 perguruan tinggi, dan 1 lembaga konsultan psikologi pendidikan. Bila bapak/ibu tertarik ingin mempunyai LMS berbasis Moodle, bisa didiskusikan dengan saya.

Prestasi di Bidang IT

Beberapa prestasi di bidang IT yang pernah saya raih:

  • Juara ke 1 Lomba Pembuatan Program ReadMe yang diadakan oleh majalah Mikrodata, sekitar tahun 1990-an;
  • Juara ke 3 Kategori Umum pada Lomba Perancangan Website Tingkat Nasional yang diadakan oleh APJII dan Microsoft Indonesia, tahun 1997;
  • Beberapa kali menulis artikel pemprograman komputer di majalah Mikrodata dan @Internet, yang salah satu programnya kemudian dibukukan oleh Gramedia, berjudul “Keamanan Data 2” (PT Elex Media Komputindo, 1995, ISBN 979-637-743-8);

Webmaster website SMK PGRI 1 Tangerang yang meraih:

  • Juara ke 3 untuk kategori SLTA pada Lomba Situs Web SLTA dan Perguruan Tinggi yang diadakan oleh panitia Harkitnas 2003 Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, 17 Juni 2003;
  • Juara Harapan ke 1 pada Lomba Perancangan Website Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan se Indonesia, yang diadakan oleh Sekolah2000 dan Dikmenjur, tanggal 28 Oktober 2000;

Kegiatan yang pernah diikuti

  • Menjadi Instruktur Nasional program Guru Keahlian Ganda, 2017.
  • Ikut membantu Kemdikbud dalam menyusun alat-alat pada SMK 4.0 tahun 2021.
  • Peserta pendidikan Calon Guru Penggerak angkatan 7, 2022-2023.
Diklat Instruktur Nasional Guru Keahlian Ganda.
Diklat Instruktur Nasional Guru Keahlian Ganda.

Selain membuat aplikasi web, saya juga membuat beberapa aplikasi bot Telegram. Salah satu bot yang paling banyak dipakai adalah bot @AbsenRobot yang dipakai oleh 26.000 grup Telegram.

PassKeys (tanpa Password)

Saya termasuk programmer komputer yang mendukung PassKeys dan mulai meninggalkan penggunaan Password. Karena itulah, saya sangat senang ketika Ghost tidak memakai Password. Para pelanggan (subscriber) blog ini hanya perlu meng-klik tautan yang dikirim melalui email.

LMS Moodle yang saya kelola pun mulai dihilangkan form Username dan Password. Sebagai gantinya, guru dan murid harus login memakai Google OAuth2.

Penutup

Kita boleh lelah, tapi jangan menyerah. Kita boleh jatuh, tapi jangan mengeluh. Segera bangkit dan teruslah berlari. Bagikan ilmu, karena ilmu tidak seperti harta yang bisa habis. Ilmu tiap dibagikan ke orang lain tidak berkurang tapi justru bertambah.

Oh ya, saya suka melihat foto-foto Aurora, dan berharap suatu saat bisa menyaksikan langsung keindahan ini.


Mawan.id, Mawan.net, dan Mawan.org adalah website pribadi yang dikelola untuk memajukan pendidikan di Indonesia.