Kiat Mendidik Anak

Kiat Mendidik Anak

Walau pun sifat, karakter, dan kepribadian seseorang dipengaruhi oleh faktor internal (keturunan / génetik), tapi faktor éksternal juga tak kalah penting. Beberapa faktor éksternal adalah pola asuh, pergaulan, pengalaman hidup, dan riwayat trauma.

Karena itulah, prosés pembentukan sifat sangat penting dilakukan sejak masa kanak-kanak, karena setelah dewasa akan sulit mengubah sifat dan karakter seseorang.

Jauhkan anak-anak dari lingkungan yang buruk, misalkan lingkungan yang suka merundung (mem-bully), berkata kasar, membentak-bentak, memarahi, dan cuék.

Sebuah penelitian di Amérika Serikat pada tahun 2006, meneliti 175 anak yang terdiri dari 97 laki-laki dan 78 perempuan, usia mereka rata-rata 11 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat pemarah anak dipengaruhi oleh sifat pemarah orang tua. Hal ini disebabkan interaksi yang kuat dengan orang tua dalam kehidupan anak. Anak melihat dan meniru tingkah laku yang dilihat dalam kehidupan keluarganya.

Jika orang tua menunjukkan sifat pemarah, maka hal tersebut membekas dalam otak anak. Ke depan, anak akan menunjukkan sifat yang sama kepada orang lain, misalnya kepada teman dalam pergaulannya.

Orang tua pemarah biasanya juga menerapkan pola asuh otoritér, yaitu anak harus mengikuti semua peraturan yang diterapkan dan diberi hukuman jika anak tidak mengikutinya.

Pola asuh tersebut tidak baik, karena membuat anak kurang memiliki rasa percaya diri. Selain itu, pola asuh ini berisiko menyebabkan anak melampiaskan emosi tidak ke tempat yang tepat.